Tuntaskan Vaksinasi Pelajar, BIN Gandeng Angkutan Umum Beri Layanan Antar-Jemput Gratis

248
Pelajar sedang menunggu untuk disuntuk vaksinasi oleh tenaga medis
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Puluhan sopir angkutan umum atau pete-pete yang tergabung dalam komunitas Pete-pete Peduli Vaksinasi Covid-19 ikut menyukseskan program vaksinasi yang hingga saat ini terus dilakukan pemerintah. Koordinator gerakan, La Bolo mengatakan bentuk dukungan yang diberikan yakni dengan memberikan layanan antar jemput bagi siswa dan masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran untuk kemudian melakukan vaksinasi di SMAN 2 Kendari, Senin (18/10/2021).

“Kita jemput dulu baru setelah divaksin kita antar kembali pulang,” ujar La Bolo.

Dikatakannya, layanan antar jemput tersebut merupakan bentuk kepedulian dan juga dukungan atas usaha yang dilakukan pemerintah selama ini agar seluruh masyarakat terbebas dari Covid-19.

“Supaya tidak ada lagi alasan bagi warga yang tinggal jauh dan tidak bisa datang ke lokasi vaksinasi, jadi kita bantu dengan cara ini,” tandasnya.

Puluhan sopir angkutan umum yang menjemput dan kembali mengantar pelajar dan warga yang hendak melakukan vaksinasi

Ia berharap melalui gerakan yang dibangun itu, bisa menjangkau seluruh siswa dan masyarakat. “Kita membantu, mudah-mudahan semuanya bisa divaksin,” harapnya.

Riswan, salah seorang siswa SMPN 5 Kendari mengatakan bahwa ia mengaku senang bisa diberikan layanan antar jemput tersebut, sehingga ia dan teman-temannya bisa bersama-sama untuk dvaksin.

“Senang, karena kita tidak susah lagi untuk ke lokasi vaksin. Tambah semangat untuk divaksin,” ujarnya.

Sementara itu, Indri Ananda selaku Ketua OSIS SMAN 2 Kendari mengatakan bahwa vaksinasi yang dilakukan di sekolah tentu saja akan berdampak sangat positif, karena para siswa tidak perlu lagi mencari keluar.

“Saya merasa sangat senang mewakili teman-teman karena teman-teman tidak perlu lagi repot keluar sekolah, sudah disediakan di sekolah,” tandasnya.

Indri mengungkapkan bahwa semakin banyak siswa yang mau untuk divaksin maka akan semakin bagus karena pasti akan berdampak pada proses pembelajaran yang sudah bisa dilakukan secara offline.

“Kan sesuai janji Pak Jokowi kalau sudah memasuki daerah yang hijau dan sudah ada 70 persen sampai 90 persen masyarakat yang divaksin maka pembelajaran secara tatap buka bisa berlangsung kami berharap dengan vaksinasi ini maka pembelajaran secara offline tatap muka itu bisa segera dilakukan sehingga bisa memudahkan kami menerima materi dari pelajaran,” harapnya.

Kepala BIN Sultra, Brigjen Raden Toto Oktaviana

Kepala BIN Sultra, Brigjen Raden Toto Oktaviana mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan dengan menggandeng angkutan umum tersebut sebagai bentuk perhatian yang diberikan kepada pelajar dan masyarakat yang tidak mampu menjangkau lokasi karena jauh, sehingga pihaknya berinisiatif untuk menggandeng angkutan umum.

“Hingga saat ini capaian vaksinasi pelajar di angka 91 persen, jadi kami juga ingin memberikan kepedulian kami bagi sopir angkutan umum dengan mengajak untuk memberikan layanan antar jemput secara gratis bagi siswa yang hendak melakukan vaksinasi dosis I dan II,” katanya.

“Kami juga ingin memberikan kesejahteraan kepada mereka (Sopir) sehingga kami mengajak untuk memanfaatkan komunitas pete-pete ini dalam memberikan layanan antar jemput gratis,” tutupnya.

Sitti Harlina

Facebook Comments