Tekan Inflasi, BI Sultra Luncurkan Gerakan Tanam Cabai

95
BI Sultra dan Pemprov Sultra melaunching gerakan tanam cabai.
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Guna┬ámenekan inflasi yang terjadi di Sulawesi Tenggara (Sultra) Bank Indonesia (BI) Sultra meluncurkan gerakan Tanam Cabai, Senin (22/8/2022).

Gerakan tanam 5000 bibit ini dilaunching dalam pembukaan pasar murah BI dan Pemprov Sultra di pelataran tugu religi eks MTQ Kendari.

Kepala Biro Ekonomi Sultra, Usnia mengatakan, saat ini Pemprov Sultra akan menindak lanjuti program gerakan tanam cabai dengan membuat Peraturan Gubernur (Pergub) agar segera dilakukan tanam cabai di 17 kabupaten dan kota se-Sultra.

“Dalam waktu dekat ini insya Allah Pergubnya sudah keluar,” bebernya.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw), BI Sulta, Doni Septadijaya menuturkan bahwa gerakan yang diluncurkan hari itu guna memenuhi kebutuhan cabai di Sultra, namun dilakukan oleh masyarakat Sultra sendiri khususnya Kota Kendari.

“Kita banyak kelompok-kelompok wanita yang bisa mengoptimalisasikan itu dan membantu produksi sendiri,” tuturnya.

Menurutnya, 5000 bibit cabai yang disediakan tersebut diambil dari toko tani yang ada di Kendari.

“Namun, jumlah tersebut masih bisa ditingkatkan melalui bantuan dari Komisi XI DPR RI Dapil Sultra, Bahtra,” ujar Doni.

Ditempat yang sama, Anggota Komis XI DPR RI Dapil Sultra, Bahtra mengatakan, gerakan yang dibangun oleh BI dengan berkolaborasi bersama Pemprov Sultra merupakan langkah konkrit.

“Sebab, gerakan ini tidak hanya berbicara mengenai ekonomi makro, tetapi juga berbicara masalah penanganan yang sifatnya menyentuh masyarakat bawah,” ujarnya.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Sultra melampaui pertumbuhan ekonomi nasional, namun jika tidak berbanding lurus dengan penekanan inflasi maka akan memberatkan masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Harlina

Facebook Comments