Tegan Gilroy, Eksis Merintis Bisnis Hammock Daur Ulang Limbah Plastik

302
berikabar.id

Brisbane-Tegan Gilroy (28), menghasilkan  350.000 dollar AS dalam tiga bulan setelah berinisiatif merintis bisnis tempat tidur gantung (hammock) bermerk Nakie, yang terbuat dari plastik daur ulang di waktu luangnya.

Ia menyalurkan hasrat dan semangat kepeduliannya pada kelestarian alam dengan mengumpulkan limbah botol plastik yang diakses dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di kota kelahirannya.

Tiap 1 produk hammock menggunakan 37 limbah botol plastik daur ulang. Dia juga menanam 22.000 pohon sebagai bagian dari misi berkelanjutan kelestarian alam sekaligus keberlangsungan produksinya.

Tegan Gilroy saat ini masih berstatus sebagai perawat di Rumah Sakit Brisbane, Australia. Ia mendedikasikan waktunya selama 12 jam bekerja sekaligus menjalankan dan menempatkan website penjualannya, hingga menghasilkan lebih dari 700.000 dollar AS dalam rentang waktu 1 Mei hingga 31 Juli 2019 pada tahun pertama perdagangannya.

Daily Mail Australia telah memverifikasi angka-angka tersebut dari laporan keuangan perusahaan.

Gilroy diklaim telah menyelamatkan 118.992 limbah botol yang bersumber dari saluran air warga.

“Sebagai seseorang yang mencintai laut, saya benci melihat banyaknya plastik yang berjatuhan di sepanjang dasar laut dan terbawa air di sepanjang pantai kami,” kata Gilroy, kepada Daily Mail Australia.

Gilroy juga diketahui bermitra dengan Eden Reforestation Projects, organisasi penanaman pohon nirlaba terbesar di dunia yang telah menanam lebih dari 350 juta bibit pohon hingga saat ini.

Karena dedikasinya, Eden menganugerahi Gilroy ‘cagar tanam’ di pulau Madagaskar, Afrika Timur. Disana, Gilroy kembali mendedikasikan dirinya  menanam sedikitnya  500.000 pohon selama lima tahun ke depan. Di bulan Agustus, dia berencana menanam pohon tambahan untuk setiap peminat produk Nakie di Instagram.

Meski keberadaan pandemi covid-19 secara signifikan diprediksi akan berimbas pada gangguan pasokan global dari berbagai produk, termasuk dari industri peralatan aktifitas outdoor di Tahun 2020,  versi analisis pasar IBISWorld,  Gilroy dengan produk outdor Nakie-nya, tetap optimis, sebab ia justru melihat tren peningkatan penjualan secara eksponensial setiap bulan.

Gilroy bahkan merencanakan akan merambah produksi botol titanium yang bisa digunakan kembali. Selain itu, ia juga tengah merancang pembuatan selimut yang dijahit dari bahan daur ulang.

“Saya masih akan meluncurkan beberapa produk menarik dalam beberapa bulan ke depan. Semua produk ini dipastikan mudah di bawa, lebih simpel dan yang pasti tetap ramah lingkungan,”ujarnya.

Sumber: Dailymail

Penulis: ER

Facebook Comments