Sederet Alasan Dibalik Pentingnya Mengenali Peta Jarak Jaring Teritorial

226
berikabar.id

Kendari-Fungsi teritorial merupakan bagian terpenting dari kekuatan pertahanan yang membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dandim 1417 Kendari, Letkol Kav Agus Waluyo mengatakan, hal itu melatarbelakangi program pembinaan atau pengenalan terkait peta jarak jaring teritorial yang berfungsi sebagai pioneer pendeteksi dini potensi konflik ataupun hal lainnya yang dapat mengancam keutuhan wilayah NKRI, khususnya di wilayah satuan Kodim 1417 Kendari.

Ia menguraikan, keberhasilan dalam pemetaan jarak jaring teritorial ditentukan lewat peran Babinsa dan seluruh elemen masyarakat ataupun mitra karib TNI.

“Peran Babinsa di wilayah sangatlah penting bagi masyarakat, untuk itu kepada Bapak- Bapak dan Ibu-Ibu yang menjadi Jaring para Babinsa yang berada di wilayah di harapkan bisa berkoordinasi dan menjalin kerjasama guna mewujudkan wilayah yang aman dan kondusif,” ujar Letkol Kav Agus Waluyo, Dandim 1417 Kendari, saat memimpin kegiatan pembinaan peta jarak jaring teritorial, di aula Makodim 1417 Kendari, Kamis (10/9/2020).

Sementara itu, Plh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1417 Kendari, Letkol Inf Kasim, menegaskan, fungsi terpenting dari peta jarak jaring teritorial adalah mengoptimalkan deteksi ini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat bagi Aparat komando kewilayahan (Apkowil).

“Kami Berharap dengan adanya kegiatan ini para Babinsa bisa menguasai wilayah secara menyeluruh, dan untuk para jaring-jaring masyarakat bisa membantu para Babinsanya agar setiap ada permasalahan yang ada di Kelurahan atau Desa bisa diselesaikan dan terkoordinasi dengan baik,” ujarnya.

 

 

Penulis: ER

Facebook Comments