Realisasi Kebutuhan Uang di Sultra Periode Ramadhan Capai 1,05 T

402
berikabar.id

 

Kendari, Berikabar.id – Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) membeberkan realisasi pemenuhan uang hingga 7 Mei 2021 yakni mencapai 1,05 Triliun. Hal tersebut diungkapkan Kepala BI Perwakilan Sultra, Bimo Epyanto saat menggelar Bincang Bareng Media (BBM) melalui zoom meeting, Senin (10/5/2021).

“Hingga 7 Mei, realisasi periode ramadhan tercatat sebesar 1,05 T atau 93 persen dari proyeksi awal sebesar 1,13 T, ” Katanya.

Lanjutannya, realisasi tersebut berbeda dengan kondisi ramadhan tahun lalu saat awal masa pandemi saat ramadhan dan idul fitri. Dimana capaian realisasi di lapangan hanya mencapai 70 persen.

“Proyeksi kita pada ramadhan dan idul fitri tahun lalu yakni sebesar 1,49 T namun yang terealisasi hingga idul fitri sebesar 1,03 T, ” Ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa kedepannya direncanakan terdapat penarikan perbankan sebesar 335 miliar hingga perayaan idul fitri. Namun masyarakat tidak perlu khawatir karena pihaknya terlah menjaga ketersediaan uang yang akan disalurkan.

“Bank Indonesia akan selalu menjaga ketersediaan dan kecukupan uang layak edar di masyarakat sesuai dengan jumlah dan denominasi yang dibutuhkan dengan posisi kas saat ini sebesar 1,01 T (kebutuhan 2,6 bulan normal), ” Pungkasnya.

Isa

Facebook Comments