Ratusan Nakes di Kota Kendari Jalani Simulasi Pemberian Vaksin COVID-19

280
Simulasi pemberian vaksin yang dijalani oleh ratusan Nakes di Kota Kendari.
berikabar.id

 

Kendari, Berikabar.id – Pemerintah Kota Kendari melakukan simulasi pemberian vaksin kepada ratusan tenaga kesehatan yang ada di Kota Kendari, Jumat (18/12/2020).

Simulasi tersebut dilakukan di Puskesmas Benu-Benua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Sultra. Nampak ratusan Nakes sangat antusias mengikuti simulasi pemberian vaksin hari itu.

Kabid Pencegahan Penyakit Masyarakat dan Penyakit Menular Dinkes Kota Kendari, Samsul Bahri mengatakan bahwa simulasi hari itu dilakukan agar kedepannya para nakes tidak kaku dalam menjalankan tugasnya.

“Sengaja kita lakukan kepada nakes karena kan nanti mereka yang akan bertugas di lapangan. Mungkin sekitar bulan Februari atau Maret,” terangnya.

Tata cara pemberian mulai dari awal telah dijelaskan, termasuk identitas diri yang menjadi syarat utama.

“Kan saat pemberian itu harus ada KTP, kita juga berkoordinasi dengan pihak BPJS,” ujarnya.

Dalam simulasi itu, ada empat tahap yang harus diikuti para nakes seperti mencuci tangan terlebih dahulu, cek suhu, pemeriksaan kesehatan dan penyuntikan vaksin.

Untuk pemberian vaksin ini juga tidak akan diberikan kepada seseorang yang memiliki riwayat penyakit menular seperti jantung, hipertensi, kepada ibu menyusui dan pasien COVID-19.

Sitti Harlina

Facebook Comments