Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Sultra di Tahun 2021

482
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sultra memproyeksikan perekonomian daerah akan mengalami perbaikan di Tahun 2021. Kepala BI Sultra, Bimo Epyanto mengatakan, tren positif dibuktikan dengan beberapa indikator perekonomian.

“Triwulan IV 2020 diperkirakan pertumbuhan ekonomi mengalami perbaikan dan terus berlanjut di Tahun 2021. Indikator keberhasilan pertumbuhan ekonomi Sultra, didukung kinerja Industri pengolahan smelther, bansos tunai dan nontunai, penurunan harga minyak dunia, optimalisasi green economy,” kata Bimo.

Meski tetap optimis akan tren positif perekonomian di berbagai sektor pendukung, Bimo juga tak memungkiri adanya tantangan yang akan dihadapi terutama selama masa Pandemi Covid-19.

“Akses keluar masuk untuk manusia dan barang yang diperketat berdampak pada stimulus Investasi swasta. Pembatasan sosial, physical distancing, dan upaya menghambat penyebaran Covid-19 juga berimbas pada menurunnya daya beli dan konsumsi yang berdampak pada penurunan income masyarakat serta ketersediaan lapangan kerja,”ungkapnya.

Untuk tetap bertahan diantara kondisi sulit dan tantangan yang ada, saat ini BI Sultra, lanjut Bimo, berupaya menyusun skenario pemulihan ekonomi, dengan fokus kepada pembenahan lapangan usaha unggulan yang dianggap menjadi sektor kunci keberhasilan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Upaya pemulihan dilakukan dengan optimalisasi pemanfaatan APBD yang difokuskan ke beberapa sektor unggulan, mendorong kredit perbankan ke sektor pertanian, perkebunan dan perikanan, dan konstruksi, serta penerapan protokol kesehatan secara ketat disertai diversifikasi produk baik untuk kebutuhan konsumsi dan mendukung aktivitas perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

 

Penulis: ER

Facebook Comments