Program CHSE, Upaya Solutif Pemkot Kendari Stimulus Geliat Pariwisata di Tengah Pandemi

226
Sekretaris Daerah Kota Kendari Nahwa Umar/Dokumentasi: Humas Kota Kendari.
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id- Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari, menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Program CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability), di Kendari, Senin (28/12/2020). Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mendorong geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19 TA 2020 bagi pelaku usaha sektor pariwisata maupun masyarakat lingkup Kota Kendari,” kata Sekretaris Daerah Kota Kendari Nahwa Umar, Senin (28/12/2020).

Program Sertifikasi CHSE, menurut Nahwa, selain sebagai salah satu strategi menghadapi era new normal di sektor pariwisata dan lingkungan masyarakat, program ini juga sekaligus menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam menciptakan ruang yang aman dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kota Kendari.

“Peran serta pelaku usaha serta masyarakat dalarn memutus mata rantai penularan Covid -1 9 sangat diperlukan dan harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE,” ujarnya.

Program CHSE sendiri merupakan program penerapan protokol kesehatan yang meliputi kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan, dengan menyasaf tempat dan fasilitas umum, serta kawasan wisata.

Dalam program CHSE, masyarakat yang hendak mengunjungi destinasi wisata yang tersebar di Kota Kendari wajib mematuhi prokes 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak). Sasaran CHSE meliputi usaha jasa transportasi wisata, usaha hotel, homestay atau pondok wisata, rumah makan, dan usaha terkait ainnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membantu pelaku usaha dan masyarakat Kota Kendari untuk bisa bangkit dan menggerakkan kembali kegiatan usahanya di tengah pandemi,” pungkasnya.

 

Sumber: Humas Kota Kendari

Penulis: ERNILAM

Facebook Comments