PLN Komitmen Jaga Lingkungan, Pantau Kondisi Lingkungan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan

82
Pemantauan yang dilakukan oleh lembaga terakreditasi yakni PT Global Quality Analitical untuk pekerjaan jaringan PLN di Baubau.
berikabar.id

Baubau, Berikabar.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi lakukan pemantauan lingkungan di sekitar Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra). Pemantauan lingkungan dilakukan oleh lembaga terakreditasi yakni PT Global Quality Analitical untuk pekerjaan jaringan yang menghubungkan antara Gardu Induk (GI) 150kV PLTMG Baubau yang terletak di Kelurahan Kolese, Kecamatan Lealea, dan GI 150kV Baubau yang terletak di Desa Kadolo Katapi, Kec. Wolio, Kota Baubau.

Leny Marliani, Technical Manager PT Global Quality Analitical menyampaikan hasil pemantauan lingkungan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dengan hasil pemantauan seluruh aspek berada di bawah Nilai Ambang Batas (NAB). “Kami laksanakan pemantauan lingkungan di sekitar pembangunan untuk mengetahui kualitas dari 3 parameter yaitu air, udara dan kebisingan. Adapun hasil pemantauan semua berada di bawah Nilai Ambang Batas,” terangnya berdasarkan rilis yang diterima Berikabar.id, Rabu (13/7/2022).

Beberapa sampel pada beberapa titik yang diambil dan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pengujian lebih lanjut

Lanjutnya, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemantauan kurang lebih satu bulan karena pihaknya harus mengambil sampel pada beberapa titik dan membawa hasil sampel ke laboratorium untuk dilakukan pengujian lebih lanjut yang kemudian hasil uji laboratorium disampaikan kepada PLN.

Muh Pahri M Jafar selaku Pejabat Pengendali Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Keamanan PLN UIP Sulawesi menuturkan bahwa kegiatan pemantauan lingkungan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh PLN setelah mendapatkan Izin Lingkungan. “Pelaksanaan pemantauan lingkungan dilaksanakan secara periodik dalam satu tahun, yaitu 2 kali pada Semester 1 dan Semester 2. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor: 45 Tahun 2005 Tentang Pedoman Penyusunan Laporan Pelaksanaan Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL),” bebernya.

Ia melanjutkan bahwa setiap pembangunan yang dilaksanakan oleh PLN telah memenuhi peraturan yang berlaku, salah satunya ditinjau dari segi aspek lingkungan karena PLN berkomitmen untuk menyediakan energi listrik tanpa mengganggu aktivitas masyarakat.

Harlina

Facebook Comments