Pilkada di Masa Pandemi, Bupati Muna Imbau Warga Taat Protkes

243
Bupati Muna, LM Rusman Emba
berikabar.id

 

Muna, Berikabar.id – Kabupaten Muna menjadi satu diantara tujuh wilayah lainnya di Sultra yang menyelenggarakan pilkada serentak, Rabu (9/12/2020). Bupati Muna, Rusman Emba mengimbau kepada seluruh warga untuk mematuhi protokol kesehatan saat akan menyalurkan hak pilihnya.

Menurutnya, pilkada kali ini berbeda dengan pelaksanaan pilkada lima tahun sebelumnya. Pasalnya, pilkada kali ini digelar di tengah pandemi, sehingga baik penyelengara maupun wajib pilih harus mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Karena ini suasana covid tetap protokol kesehatan itu menjadi acuan bahwa ketika menuju bilik suara atau tps hal yang pertama diprioritaskan adalah bagaimana kesiapan kita apakah sudah sesuai dengan anjuran seperti memakai masker memang dari rumah,” imbaunya.

Ia juga menegaskan kepada warga untuk tidak lupa mencuci tangan karena pihak penyelenggara sudah menyiapkan tempat cuci tangan hampir di setiap sudut TPS.

“Kita kan tidak tahu habis pegang apa, jadi sesering mungkin saja untuk mencuci tangan gunakan sabun, kan sudah disiapkan,” tegasnya.

Hal lain yang juga diingatkannya yakni warga harus menghindari kerumunan, seluruh wajib pilih sudah disiapkan skenario kedatangan di TPS, jadi tetap mematuhi hal tersebut. Ia tidak ingin ada kerumunan saat pencoblosan.

“Tidak boleh ada kerumunan, kan sudah ada pihak pengamanan juga yang bantu untuk menjaga, sudah jelas imbauan pemerintah dalam pelaksanaan pilkada ini tidak boleh ada kerumunan,” pungkasnya.

Sitti Harlina

Facebook Comments