Pesan Prof. Edward Pada FUSION Yang Digelar OJK Sultra

347
Istimewa
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id Prof. Edward Buckingham menjadi pembicara dalam seminar nasional yang digelar pada Forum Sinergi Stakeholder dan OJK (FUSION) di salah satu hotel di Kota Kendari, Sultra, Selasa (15/12/2020). Meskipun hadir secara virtual, namun Edward banyak memberikan paparan sederhana terkait kondisi ekonomi dan bagaimana menyikapinya.

Di awal seminar, Prof Edward memberikan contoh yang sangat sederhana, dimana ada dua orang rekannya yang satu dikenal boros dan suka membelanjakan uangnya, hal ini berbeda dengan teman yang satunya lagi yang dikenal irit namun ternyata memiliki tabungan.

“Memang dalam perekonomian itu harus ada yang belanja dan menabung, namun kita juga harus melihat di masa depan bahwa ketika kita memiliki kebutuhan mendesak ketika memiliki tabungan maka ada persediaan, beda ketika kita membelanjakan uang terus-menerus dan tidak punya tabungan sama sekali,” ujarnya.

Ia juga menyinggung terkait kebutuhan yang harus diprioritaskan, dalam hal ini pentingnya pendidikan untuk masa depan. Ia sangat yakin pendidikan yang berkualitas maka akan melahirkan calon generasi penerus bangsa yang berkualitas pula.

“Saya juga memiliki contoh sederhana lainnya yang saya alami sendiri, dimana saat saya memiliki uang dan akan mengganti mobil, tetapi setelah berdiskusi dengan istri saya, maka kami memutuskan agar uangnya untuk menyekolahkan anak kami di sekolah swasta yang tentu bayarannya lebih mahal, tapi pasti nanti ilmunya bisa bermanfaat,” katanya.

Pada akhir acara, ia juga menitipkan pesan agar seluruh warga bisa lebih memilah mana yang akan menjadi prioritas. Ia bahkan menyinggung bahwa sudah menjadi tanggung jawab semua pihak untuk terus melakukan sosialisasi tentang inklusi keuangan hingga ke pelosok.

Isa

Facebook Comments