Pertemuan Tahunan BI 2020 Digelar Dengan Terapkan Protkes, BI Sultra: Perekonomian Akan Semakin Membaik

319
Sepuluh penerima award yang diberikan BI Sultra dalam pertemuan tahunan 2020
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pertemuan tahunan di salah satu hotel yang ada di Kota Kendari, Kamis (3/12/2020). Di masa pandemi saat ini, pertemuan tahunan yang dilakukan berbeda dengan tahun sebelumnya dimana peserta dibatasi dan sebelum masuk ruangan diwajibkan untuk melakukan Rapid Test.

Pertemuan tahunan diawali dengan virtual yang dilakukan oleh seluruh perwakilan BI se-Indonesia.

Kepala Perwakilan BI Sultra, Suharman Tabrani dalam sambutannya menuturkan di masa tatanan kebiasaan hidup baru ini perekonomian di Sultra akan terus membaik.

“Saya sangat yakin jika kondisi perekonomian kita akan semakin membaik hal ini dibuktikan dengan naiknya perekonomian kita yang terkontraksi pada angka 1,8 persen, meskipun masih lebih baik dari nasional sebesar 3,5 persen,” katanya.

Pihaknya juga mencatat, inflasi Sultra tergolong rendah pada November 2020 tercatat 1,22 persen, angka tersebut lebih rendah dari inflasi nasional.

“Inflasi kita rendah berada pada angka 1,22 persen sementara nasional tercatat 1,59 persen,” ujarnya.

Dikatakannya, jika hal ini terus berlanjut maka ia optimis angka pertumbuhan ekonomi di Sultra akan semakin tinggi pada triwulan keempat, dengan catatan semua pihak saling bersinergi.

Dalam pertemuan tahunan hari itu, BI Sultra juga memberikan award kepada sejumlah pemerintah kabupaten/kota dan perbankan yang dinilai memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi di Sultra.

Adapun sepuluh penerima award dalam pertemuan tahunan BI Sultra meliputi, Kota Kendari sebagai daerah pendukung elektronifikasi terbaik, Kota Baubau sebagai kota paling inovatif dalam pengendalian inflasi, Kabupaten Muna sebagai kabupaten paling berinisiatif dalam pengendalian inflasi.

Kemudian, BRI Samratulangi mendapatkan penghargaan sebagai bank pendukung UMKM terbaik, BRI Cabang By Pass sebagai bank pendukung Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) terbaik lalu Bank Mandiri Cabang Kendari sebagai bank pendukung elektronifikasi terbaik, BCA Cabang Kendari sebagai bank pendukung kegiatan pengelolaan uang rupiah terbaik, Bank Sultra sebagai bank penukar UPK 75 terbanyak.

Selanjutnya, PT Sultra Tuna Samudra sebagai responden survei terbaik dan Nira Lakoo mendapatkan penghargaan sebagai UMKM Go Digital terbaik.

Sitti Harlina

Facebook Comments