Pertama Dalam Sejarah, Konferta AJI Kendari Digelar Virtual

304
Pelaksanaan Konferta AJI Kendari IX yang digelar secara virtual.
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari, sukses menyelenggarakan Konferensi Kota (Konferta) IX secara virtual, Kamis (24/12). Dalam Konferta yang diikuti oleh puluhan jurnalis Kota Kendari ini akhirnya memilih Rosniawanty Fikri Tahir (jurnalis Tempo) dan Ramadhan (jurnalis Kendari Pos) secara aklamasi sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Kendari periode 2020-2023.

Kongres online ini dibuka Ketua Umum AJI Indonesia Abdul Manan. Menurutnya, tradisi pertemuan virtual sesuatu yang baru sehingga memang harus bisa beradaptasi.

“Kendari merupakan AJI kota pertama di Indonesia yang melaksanakan konferta secara virtual. Sehingga, nantinya bisa menjadi rujukan konferta AJI kota lain dan bahkan bisa menjadi acuan pelaksanaan Kongres AJI Indonesia,” katanya.

Dikatakannya, pelaksanaan konferta online ini untuk menjaga dan memutus anggota AJI dari penularan virus corona. Meskipun, ia mengakui, persiapan konferta online lebih rumit.

“Saya tidak ingin ada anggota AJI yang terpapar corona sepulang dari konferta. Makanya kita menginginkan semua konferta digelar secara online, karena bisa membuat kita tidak nyenyak tidur, kalau ada anggota AJI terpapar corona,” tuturnya.

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) AJI Indonesia, Revolusi Riza mengapresiasi pelaksanaan Konferta IX AJI Kendari Kendari secara virtual yang berlangsung sukses. Padahal, Kendari merupakan AJI kota pertama di Indonesia yang menyelenggarakan konferta secara online.

“Tentu kita semua memberikan apresiasi setinggi-tinginya atas pelaksanaan konferta yang berjalan sukses. Terus terang saja, ini menjadi rujukan konferta virtual bagi AJI kota lain, bahkan acuan bagi kita (AJI Indonesia) menggelar kongres Februari tahun depan,” kata pria yang beken disapa Revo ini.

Untuk diketahui, ada dua AJI kota yang mebjadi peserta peninjau dalam pelaksanaan Konferta IX AJI Kendari. Adalah AJI Bojonegoro dan AJI Jember, yang dalam beberapa hari lagi menggelar konferta secara online.

Sitti Harlina

Facebook Comments