Perkuat Potensi Startup Digital Telkomsel Hadirkan The NextDev 2021

131
Istimewa
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Telkomsel menghadirkan program The NextDev 2021 untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 dengan sebuah program validasi dan inkubasi khusus startup digital pencipta perubahan. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) ini, Telkomsel ingin membuka peluang lebih luas bagi para startup digital tahap awal dengan meningkatkan kapabilitas dan kompetensi digital mereka dalam menciptakan perubahan/dampak sosial.

General Manager DLS and Direct Sales Telkomsel Area Pamasuka Muhammad Asrullah mengungkapan bahwa sejak 2015, Telkomsel secara konsisten menggelar program The NextDev yang berfokus pada peningkatan potensi startup digital tahap awal dalam menghadirkan dampak sosial bagi masyarakat.

“Di tahun ini, The NextDev memiliki skema program yang lebih komprehensif bagi pelaku startup Tanah Air, terutama dalam menjawab berbagai isu dan tantangan sosial di taraf nasional maupun internasional yang menjadi fokus dalam Sustainable Development Goals (SDGs) 2030,” bebernya melalui rilis yang diterima, Rabu (24/11/2021).

Lanjutnya, The NextDev didesain agar dapat berperan sebagai enabler bagi pertumbuhan para startup digital pencipta perubahan berdampak di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Untuk memperkuat peran tesebut, The NextDev juga berupaya membina hubungan dan berkolaborasi dengan startup, investor, pemerintah, swasta, dan berbagai stakeholder lainnya di industri, yang akan semakin mendukung pertumbuhan para pelaku startup.

Dijelaskannya pula bahwa pada program The NextDev 2021, terdapat beberapa sub-program yang secara keseluruhan rangkaian menjadi tahapan perjalanan para startup digital peserta. “Pertama, dalam The NextDev Talent Scouting, ratusan peserta dengan Minimum Viable Product (MVP) terbaik disaring melalui sebuah kompetisi pitching online berhadiah dana pengembangan. Kemudian 12 startup digital terbaik pencipta perubahan berdampak akan dipilih untuk mengikuti program inkubasi, The NextDev Academy, dimana mereka akan dihubungkan dengan mentor yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pertumbuhan mereka akan dipandu ke arah yang lebih tepat agar startup mencapai kemajuan sesuai dengan harapan. Pada akhir program, para alumni akan berpartisipasi dalam The NextDev Summit, sebuah konferensi untuk berinteraksi dan berkolaborasi bersama stakeholders dengan menghadirkan konten-konten inspiratif dan wawasan yang lebih dalam terhadap isu dan tantangan yang perlu kita selesaikan di taraf nasional maupun internasional,” jelasnya.

Guna semakin memperkuat dukungan, Telkomsel juga menghadirkan The NextDev Hub, yang merupakan platform penunjang bagi rangkaian program inti The NextDev. Database Hub mencakup ribuan startup The NextDev agar dapat mewadahi penjajakan kerjasama dan peluang bagi para startup dan stakeholder mereka. Hub juga secara rutin melangsungkan seminar dan lokakarya bagi startup dan talenta digital secara daring, termasuk The NextDev On Tour untuk mempromosikan dan melibatkan komunitas-komunitas startup di Indonesia. Pada 2021 ini, Hub memulai Digitalent Academy untuk turut mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan pendidikan hingga 20 talenta digital di sejumlah wilayah tertinggal di Indonesia.

“Sebagai bagian dari kontribusi sosial Telkomsel dalam membuka peluang bagi para smart-digitalpreneur dan masyarakat agar melesat dengan pemanfaatan teknologi digital, The NextDev akan senantiasa mendorong peran perusahaan dengan melancarkan perubahan berdampak (#UnleashImpact) dari para startup digital melalui dukungan ekosistem yang ada di Telkomsel,” tutupnya.

Sitti Harlina

Facebook Comments