Perayaan Nataru, Pemkot Kendari Tunggu Putusan Inmendagri

136
Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nhawa Umar
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) biasanya identik dengan acara kumpul dan pesta pergantian tahun baru, namun karena saat ini masih dalam masa pandemi, Pemerintah Kota Kendari belum mengambil sikap terkait hal tersebut. Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar, Senin (22/11/2021).

Menurutnya, pihak pemkot sendiri belum memutuskan apakah saat Nataru nanti warga dilarang untuk berkumpul atau bepergian. Belum adanya kebijakan tersebut, kata Nahwa karena pihaknya masih menunggu surat edaran dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

“Kita lihat nanti Inmendagri PPKM. Jadi saat ini kami masih menunggu Inmendagri,” ujarnya.

Nahwa Umar belum memberikan keterangan lebih banyak soal apakah ada larangan terkait perayaan pergantian malam tahun baru atau tidak karena belum adanya edaran inmendagri sebagai dasar.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan saat ini pihaknya tengah mendiskusikan terkait dengan langkah apa yang bakal dilakukan pada akhir tahun, mengingat potensi kerumunan dalam skala besar bakal terjadi.

Ia juga mengaku telah mempunyai pengalaman guna mengatasi potensi kerumunan skala besar pada akhir 2021.

“Karena kan kita juga sudah punya pengalaman tahun 2020 yang lalu. Alhamdulillah saat itu berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sulkarnain mengaku terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mengantisipasi dan mengambil langkah apa yang dinilai tepat terhadap potensi euforia masyarakat dalam merayakan pergantian tahun nanti.

Status PPKM Kota Kendari masih berada di level 2. Status tersebut masih bertahan dan belum turun ke level 1 akibat cakupan vaksinasi belum mencapai 70 persen. Ia juga berharap agar pada Desember nanti target 70 persen sudah bisa direalisasikan.

“Ini makanya kita terus genjot, mudah-mudahan nanti Desember sudah bisa tercapai 70 persen,” harapnya.

Ia juga menegaskan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas, pentingnya untuk tetap menggunakan masker dan menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir.

Sitti Harlina

Facebook Comments