Penyelenggaraan Munas Kadin IX Terapkan Prokes Covid-19

598
Jargon Tabah, jujur, setia dalam lambang bendera Kadin Indonesia/Foto: Ilustrasi-YI.
berikabar.id

Jakarta, Berikabar.idKamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menjadwalkan perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) IX, 14-15 Desember mendatang. Ketua Penyelenggara Munas IX Nur Kholis, mengatakan, penyelenggaraan Munas kali ini dilaksanakan dengan mekanisme web seminar (webinar), mengikuti standarisasi protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

“Bahwa pelaksanaan Munas IX merujuk seluruh ketentuan peraturan yang berlaku dimasa pandemi Covid-19, antara lain Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020 tentang PSBB, Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 79 Tahun 2020 tentang PDPHPK dan seluruh peraturan yang berlaku di masing-masing provinsi di wilayah Republik Indonesia,” kata Nur Kholis, Sabtu (12/12/2020).

Lanjut Nur Kholis, Munas IX ini sekaligus menandai berakhirnya kepengurusan Kadin Indonesia periode 2015-2020, sehingga dibentuklah panitia penyelenggara sesuai SK Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia Nomor : 01/KEP/MUNAS/DP-KI/IX/2020.

“Munas dipusatkan di Hotel Manhattan di Jakarta, dengan mekanisme webinar dengan tema Munas IX ‘Pengembangan Industri Nasional Berbasis Sumber Daya Sendiri dan Kearifan Lokal : Pengembangan UMKM Sebagai Tonggak Kebangkitan Ekonomi Nasional,” ujarnya.

Webinar itu sendiri akan menggunakan 2 stage utama di Jakarta, yaitu di Hotel Manhattan dan Kantor Pusat Kadin Indonesia, Jalan HOS Cokroaminoto No 21-22, Menteng, Jakarta Pusat. Selain itu, kata dia, webinar juga dilaksanakan di kantor-kantor Kadin yang tersebar di seluruh Provinsi dan Kabupaten se-Indonesia.

Munas IX Kadin ini, lanjut dia, juga akan diikuti oleh sedikitnya 121 pemilik hak suara yang berasal dari pengurus Kadin Provinsi dan asosiasi-asosiasi yang akan mengikuti proses Munas di wilayah masing-masing. Ia juga kembali menegaskan, mekanisme pemilihan nantinya dibagi dalam stage yang sudah ditentukan sesuai dengan standar protokol COVID-19.

“Munas IX Kadin Indonesia juga akan mengelar Konvensi Anggota Luar Biasa, pada Pukul 16.00-17.00 WIB yang akan di ikuti oleh 47 asosisasi, dan terbagi ke dalam 12 klaster,” jelasnya.

Berdasarkan  hasil penjaringan hingga saat ini diketahui terdapat dua orang bakal calon Ketua Umum Kadin Indonesia yang secara resmi telah mendaftar, yaitu  Eddy Ganefo (petahana) dan Dumatno Budi Utomo. Proses penjaringan di lakukan oleh Tim Penjaringan Ketua Umum Kadin Indonesia, yang dipimpin oleh Bakhtiar Ujung.

Adapun pelaksanaan Munas IX pada hari Senin 14 Desember 2020 itu nantinya akan dibuka oleh Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, DR. Oesman Sapta dan Ketua Umum Kadin Indonesia, Eddy Ganefo.

Diketahui, dalam AD/ARTnya, Kadin juga memiliki tujuan membina, mengembangkan kemampuan, kegiatan, kepentingan pengusaha Indonesia di bidang usaha negara, usaha koperasi serta usaha swasta yang dalam kedudukannya sebagai pelaku-pelaku ekonomi Nasional, dengan tujuan mewujudkan kehidupan ekonomi dan dunia usaha Nasional yang sehat dan tertib berdasarkan Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945.

“Kadin juga berperan serta dalam menciptakan dan mengembangkan iklim dunia usaha yang memungkinkan keikutsertaan yang seluas-luasnya secara efektif dalam pembangunan nasional,” pungkas Nur Kholis

Sumber: Kadin/YI

Penulis: ERNILAM

Facebook Comments