Pemerintah Kota Kendari Dirikan Pusat Penanganan Penyakit Infeksi Terintegrasi Standar Penanganan Covid-19

281
Peresmian gedung infection center RSUD Kota Kendari oleh Walikota Kendari, Dinas Kesehatan Kota Kendari, dan jajaran pejabat setempat/foto: Kendarikota.go.id
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id-Pemerintah Kota Kendari tengah berupaya menempuh langkah solutif demi memitigasi pandemi Covid-19 yang tercatat masih menjangkiti wilayah Kota Kendari. Upaya mitigasi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 disetiap cluster sosial. Sejalan dengan hal itu, pemerintah juga mulai membangun fasilitas pelayanan penyakit infeksi yang terintegrasi sesuai dengan standar penanganan Covid-19. Pusat pelayanan ini dinamai Gedung Infection Center RSUD Kota Kendari, sesuai dengan Permenkes Nomor 24 Tahun 2016, tentang persyaratan teknis bangunan dan prasarana Rumah Sakit. Gedung ini diresmikan oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Selasa (1/12/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum mengungkapkan, Gedung Infection Center dibangun untuk menangani penyakit infeksi seperti TBC, HIV, dan sejenisnya.

“Kita tak hanya berharap dengan fasilitas pendukung ini, namun juga peran aktif masyarakat, tak terkecuali pemerintah dalam hal ini Walikota Kendari dan jajarannya, untuk bekerjasama menghadapi pandemi Covid 19 ini,” kata Rahminingrum.

Senada dengan Rahminingrum, Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengungkapkan, gedung infection center ini diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi masyarakat Kota Kendari dalam melawan wabah Covid-19.

“Meskipun Gedung Infection Center sudah dapat kita manfaatkan hari ini, kita menghimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin. Protokol kesehatan harus terus dipatuhi,” ungkapnya.

Gedung Infection Center RSUD Kota Kendari sendiri menyediakan 40 ruang perawatan isolasi, UGD 24 jam yg dilengkapi dengan ruang dekontaminasi, laboratorium biomolekuler yang dibangun untuk pelayanan pemeriksaan PCR, Radiologi yg dilengkapi dengan mobile x-ray, ICU, ruang depo farmasi, ruang pemulasaran jenazah, serta Instalasi oksigen terpusat guna mendukung perawatan penyakit infeksius , khususnya selama masa pandemi Covid-19.

Selain Wali Kota Kendari dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, peresmian Gedung Infection Center ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Kendari, Kajari Kendari, Ketua Penggerak PKK Kota Kendari, Dandim 1417 Kendari, Kapolres Kendari serta jajaran pejabat dan tenaga medis RSUD Kota Kendari.

 

Sumber: Kendarikota.go.id

Penulis: ERNILAM

Facebook Comments