Mampu Jaga Lingkungan, Pemkab Lutim Puji Pengelolaan Lingkungan PT Vale

96
Istimewa
berikabar.id

Luwu Timur, Berikabar.id – PT Vale Indonesia merayakan Hari Lingkungan Hidup dengan tema “Only One Earth”. Puncak perayaan momen tahun ini dilakukan di Magani Park, Sorowako, Luwu Timur, Sabtu (11/6/2022). Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan menyambut puncak perayaan ini, di antaranya bersih-bersih danau bersama masyarakat, lomba kreasi daur ulang sampah antar sekolah, kampanye pengurangan plastik, dan kompetisi internal Lomba 5S.

Pada acara yang diikuti ratusan warga ini, Kepala DLH, Andi Makkaraka memuji pengelolaan lingkungan yang dilakukan PT Vale Indonesia selama ini. Hadir mewakili Bupati Lutim Budiman, Andi mengakui pengelolaan lingkungan PTVI sangat baik, terbukti dari penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diterima PT Vale pada 2021.

Sebagai satu-satunya perusahaan pertambangan dan pengolahan nikel yang mendapatkan Proper Hijau di antara 186 korporasi, Andi Makkarakka menegaskan, “PT Vale bisa jadi teladan yang baik bagi perusahaan tambang lainnya,” ujarnya.

“Sebagai Kadis DLH, mewakili Bupati, kami sangat berterima kasih kepada PT Vale yang tetap menjaga lingkungan dan menginisiasi kegiatan Hari Lingkungan Hidup dengan mengajak seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan untuk berkolaborasi melakukan kegiatan peduli lingkungan,” imbuhnya.

Andi juga berharap agar kegiatan seperti ini tetap dilanjutkan, bahkan ditingkatkan, sehingga penghargaan PROPER Hijau dapat tetap dipertahankan.

Environment Day PT Vale juga diisi dengan panel diskusi bersama Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) Saharuddin Ridwan yang juga Direktur Yayasan Peduli Negeri, Director Environment & Permit Management PT Vale, Adli Azhar Lubis. Kadis DLH ikut menjadi narasumber pada diskusi. Mereka bertukar gagasan terkait upaya membangun kesadaran kolektif terhadap tata kelola lingkungan dan menjaganya.

Director Environment dan Permit PT Vale Muh. Adli Lubis mengatakan, lomba tersebut menjadi sarana untuk membentuk siswa agar menjadi agen perubahan, untuk sadar lingkungan. “Mereka bisa mengubah sampah menjadi benda bernilai tinggi. Saya tidak menyangka para siswa dapat menghasilkan kreativitas yang luar biasa,” ujarnya.

Melalui Environment Day ini, PT Vale terus mengupayakan perbaikan berkelanjutan dalam masalah kinerja lingkungan, meliputi penggunaan air, penggunaan energi, dan perubahan iklim. Berkontribusi pada konservasi keanekaragaman hayati dan pendekatan terpadu perencanaan penggunaan lahan.

Harlina

Facebook Comments