Komitmen Lembaga Adat Tolaki Sultra Dukung Optimalisasi Pembangunan Daerah

393
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id-Dewan Pengurus Pusat (DPP) Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra periode 2020-2025 resmi dikukuhkan di Kendari, Rabu (26/8/2020). Sedikitnya ada 250 pengurus yang terjaring dalam pengukuhan kali ini.

Ketua Umum LAT Sultra, Masyhur Masie Abunawas, mengatakan, pelantikan paguyuban adat yang mengusung misi kearifan lokal bumi anoa ini bertujuan mendorong peran aktif masyarakat adat tolaki dalam bingkai keberagaman, demi menyukseskan kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Sultra.

“Kita fokus pada penguatan peran lembaga adat tolaki sebagai mitra pemberdayaan masyarakat, sekaligus motor penggerak kesuksesan pembangunan daerah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat di bumi anoa ini,” kata Masyhur, Rabu (26/8/2020).

“LAT berkomitmen untuk mendukung dan menyukseskan terwujudnya sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat dalam program prioritas Sultra Emas (Sultra Beradab dan Sultra Cerdas),”imbuhnya.

Mashyur juga berharap agar pengurus yang telah dikukuhkan lebih proaktif merumuskan program positif dan solutif untuk mendukung dan melestarikan budaya Tolaki.

Ia lebih jauh mengajak seluruh pengurus LAT Sultra dimanapun berada, untuk tetap patuh terhadap segala bentuk aturan internal kelembagaan tanpa mengesampingkan regulasi yang telah ditetapkan pemerintah.

“Harapan kami agar seluruh elemen pengurus LAT Sultra tak hanya cerdas membentuk pribadi yang sadar budaya dalam wadah LAT Sultra, namun juga cerdas membawa diri dalam arus perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian pesat saat ini, sehingga kita semua tetap berdaya saing dan menyadari keberagaman budaya dan dinamika sosial yang ada,” pungkasnya.

Pelantikan pengurus DPP LAT Sultra sendiri tak hanya dihadiri oleh pengurus, masyarakat dan tokoh adat setempat. Sejumlah pejabat termasuk Gubernur Sultra, Ali Mazi, Dewan Pembina LAT, Lukman Abunawas, jajaran pejabat Korem 143 HO, Kodim 1417 Kendari, hingga Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, juga ikut berpartisipasi dalam perhelatan akbar ini.

Kehadiran para pejabat penting ini disambut dengan tarian khas suku Tolaki, Umoara dan tarian Mondotambe.

 

Penulis: ER

Facebook Comments