Kolaborasi BI Sultra-Pimred CNBC Indonesia Sharing Tips Membangun Kapasitas Jurnalis Ekobis

362
berikabar.id

Kendari, Berikabar.idKantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sultra menyelenggarakan kegiatan ‘Capacity Building and Media Conference’ di Kendari, Kamis (26/11/2020). Kegiatan yang melibatkan puluhan peserta dari berbagai jurnalis media massa di Sultra ini merupakan kegiatan kolaboratif antara BI Sultra dan Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia, Wahyu Daniel.

Kepala KPw BI Sultra, Suharman Tabrani mengatakan, keberhasilan BI Sultra menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengawas perbankan dan pengatur kebijakan moneter tak terlepas dari peran media. Sehingga, kata dia, kegiatan ini layak diselenggarakan.

“Perjalanan BI tak terlepas dari peran media sebagai penyalur informasi publik. Sehingga kami berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan kolaboratif ini dengan tujuan agar jurnalis mampu meningkatkan kapasitas diri khususnya dalam peliputan ekonomi bisnis,” ujar Suharman, Kamis (26/11/2020).

Pemimpin redaksi CNBC Indonesia, Wahyu Daniel menambahkan, tema ekonomi bisnis dalam pemberitaan mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat, dengan catatan jika dikemas dengan narasi yang menarik dan informasi yang edukatif.

“Isu-isu yang mengemuka di daerah, seperti kelangkaan barang. Kemudian didalami penyebabnya lalu tindakan solutif dari pihak terkait apa saja, ditelusuri semua lalu dikemas menjadi karya tulis yang akurat, edukatif, dengan mengedepankan kode etik jurnalistik, dan yang terpenting cover both side,” kata Wahyu.

Dalam kegiatan ini, BI Sultra diketahui menyelenggarakan simulasi penulisan berita ekobis dengan melibatkan Wahyu Daniel sebagai juri. Karya tulis dari tiap peserta diganjar hadiah jutaan rupiah.

Selain itu, tim penyelenggara BI Sultra juga menyelenggarakan doorprize berhadiah uang tunai, kamera, handphone, dan laptop.

Penulis: ERnilam

Facebook Comments