Kelas Jurnalistik Dasar di Teramesa Institute, Libatkan Jurnalis Senior Hingga Akademisi Sultra

219
berikabar.id

Kendari, Berikabar.idTeramesa Institute menginisiasi kegiatan ‘kelas jurnalistik bertajuk ‘Meningkatkan Kualitas SDM Jurnalistik’, yang diselenggarakan di Zenith Hotel Kota Kendari, Rabu (25/11/2020). Kelas jurnalis kali ini melibatkan belasan peserta dari berbagai media massa yang ada di Kota Kendari.

Mirkas, Founder Teramesa Institute, mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kualitas jurnalis sebagai bagian yang tak terpisahkan dari dinamika peristiwa dan tantangan yang ada khususnya di era revolusi industri 4.0 saat ini.

“Salah satu materi yang disampaikan oleh pembicara kita Bapak Djufri Rahim adalah bagaimana jurnalis harus tetap bersikap independen, tidak berpihak pada kelompok tertentu. Ini yang jadi poin penting tak hanya bagi peserta tapi bagi kami juga sebagai penyelenggara,” kata Mirkas.

Para peserta, pembicara, dan panitia mengabadikan momen usai kegiatan kelas jurnalistik dasar yang diselenggarakan oleh ‘Teramesa Institute’, di Kendari, Rabu (25/11/2020)/Foto: Opa.

Senada dengan Mirkas, salah satu peserta kelas jurnalistik, Riki, mengatakan, pemahaman tentang seluk beluk profesi jurnalis wajib dipahami secara mendalam khususnya bagi pemula seperti dirinya. Hal-hal yang ia pelajari dari kelas ini, termasuk kode etik, fungsi, peran, hak dan tanggungjawab jurnalis, hingga pengambilan angle gambar yang dipaparkan oleh fotografer senior LKBN Antara, Suwarjono, mutlak dipahami, diimplementasikan dalam setiap penugasan liputan.

“Semua yang menjadi pertanyaan jurnalis pemula seperti saya, terjawab sudah. Bukan hanya karena bobot dan kualitas materi jurnalistiknya, tapi lebih karena pematerinya juga menyampaikan materi dengan lugas dan tuntas. Saya menjadi peserta pemula yang beruntung karena bisa mengakses segala informasi penting yang dibutuhkan disini,” ujarnya

Kelas Jurnalistik Dasar ini diketahui melibatkan sejumlah pihak pendukung diantaranya: Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sultra yang dinakhodai Anton Timbang, tim Aku Sahabat Rakyat (ASR), Abdul Razak-Andi Sulolipu (ASLI), dan Telkomsel. Sementara sejumlah pihak lainnya yang didaulat sebagai pemateri utama dalam kegiatan ini merupakan jurnalis sekaligus akademisi, dan fotografer senior di Kota Kendari, Provinsi Sultra.

Adapun jurnalis senior sekaligus akademisi yang didaulat sebagai pembicara diantaranya:  Sarjono, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, Suwarjono, jurnalis senior sekaligus fotografer LKBN Antara, Muhammad Djufri Rachim, Pemimpin Redaksi Sultrakini.com, Milwan Lukman, Pemimpin Redaksi Lentera Sultra.com, dan Rustam, Direktur Utama TenggaraNews.com.

Penulis: ERNILAM

Facebook Comments