Jelang Pilkada, Penumpang Kapal Membludak Abaikan Protkes

300
Ratusan penumpang memadati Pelabuhan Kendari.
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Jelang Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020, membuat Pelabuhan Kendari dan Pelabuhan Nusantara, dipadati penumpang yang hendak mudik, Senin (7/12/2020).

Ratusan warga dari Kabupaten Konawe Kepulauan memadati Pelabuhan Kendari juga warga dari Kabupaten Muna yang membludak di Pelabuhan Nusantara. Padatnya penumpang hingga berdesakan membuat terjadinya kerumunan, hal ini tentu saja bertentang dengan protokol kesehatan untuk menghindari kerumunan.

Fitri, salah seorang warga Kabupaten Muna yang sedang berkuliah di Kendari mengatakan ia sengaja mudik hari itu untuk memberikan hak suaranya.

“Kuliah, tapi mau mudik karena pilkada jadi mau memilih,” ujarnya.

Hal serupa juga nampak terjadi di Pelabuhan Kendari, warga saling berdesakan hendak mudik untuk menyalurkan hak pilihnya.

Kepolsek Pengamanan Pelabuhan Kendari, AKP Jacub Kamaru mengatakan bahwa personilnya tetap melakukan operasi cipta kondisi dan imbauan terkait bahaya COVID-19.

“Tetap kita imbau untuk mematuhi protokol kesehatan, tapi kalau masalah padatnya penumpang ini menjadi kewenangan dari Syahbandar. Kita tetap imbau agar tidak berdesakan,” pungkasnya.

Sitti Harlina

Facebook Comments