Ikut PON XX Papua, ESI Sultra Target Medali Emas

360
Istimewa
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan segera dihelat di Papua, eSports Indonesia atau ESI perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) juga akan turut andil dalam perhelatan bergengsi tersebut.

Ketua Harian ESI Sultra, Alvian Taufan mengatakan bahwa bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan seleksi atlit terbaik yang nantinya juga akan bersaing dengan atlit-atlit lain dari berbagai daerah.

“Gim yang dipertandingkan yakni Mobile Legends, Free Fire, eFootball PES 2021 dan Lokapala. Kami sedang mencari atlet terbaik melalui pertandingan babak kualifikasi daerah,” terangnya melalui rilis yang diterima Berikabar.id, Rabu (25/8/2021).

Lanjutnya, dalam tahapan ini maka seluruh calon atlet harus mendaftarkan dirinya maupun tim melalui aplikasi Garudaku yang bisa diakses pada situs www.garudaku.com agar dapat mengikuti rangkaian Eksibisi eSports PON XX Papua. Ditegaskannya pula bahwa pendaftaran yang dilakukan sama sekali tidak dipungut biaya atau gratis.

Selain itu, pihaknya juga membuka posko seleksi daerah di Kendari Town Square (K-toz), yang terletak di Jalan Saranani, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.

“Bagi calon atlet, agar segera mendaftar karena dalam waktu dekat pendaftaran akan ditutup. Batas pendaftaran gim Mobile Legends pada 26 Agustus 2021 pukul 23.59 WIB, untuk eFootball PES 2021 pada 30 Agustus 2021 pukul 23.59 WIB dan Free Fire pada 30 Agustus 2021 pukul 23.59 WIB,” katanya.

Dibeberkanya pula bahwa panitia dalam seleksi final akan segera dilakukan secara offline, namun karena situasi saat ini masih dalam pandemi, sehingga panitia juga akan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Juknis dari pusat, kualifikasi daerah dilakukan secara online. Namun untuk babak final, kami ESI Sultra akan menyelenggarakan secara offline. Mulai dari venue, jaringan dan perizinan sedang disiapkan. Tentunya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum ESI Sultra, Brigjen TNI Toto Oktaviana menargetkan dalam pelaksanaan PON XX di Papua, ESI Sultra akan membawa pulang medali emas.

“Kami berupaya untuk merebut medali emas dalam Eksibisi Cabor eSports PON XX Papua dengan menyaring dan melatih atlet terbaik,” ujarnya.

Ia pun berharap agar seluruh atlit yang akan bertanding nantinya bisa menampilkan hal terbaik dan mampu bersaing secara sehat. “Harapannya seluruh atlet mampu menunjukkan skill terbaiknya untuk mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Tenggara,” harapnya.

Sitti Harlina

Facebook Comments