Hiu Paus Betina di Lepas Pantai Barat Australia, Terkuat dan Terbesar di Dunia

489
Foto: reuters.com
berikabar.id

Kendari-Hiu paus betina di lepas pantai barat Australia diklaim sebagai raksasa laut terkuat dan terbesar di dunia. Ahli biologi kelautan Institut Ilmu Kelautan Australia, Mark Meekan, yang memimpin penelitian jurnal Frontiers in Marine Science, mengatakan, bahwa mereka telah melacak pertumbuhan 54 hiu paus selama 10 tahun di Ningaloo Reef yang luas di lepas pantai barat Australia. Wilayah perairan ini merupakan tempat ratusan ikan langka yang berenang lambat, sebelum kemudian bermigrasi setiap tahun.

Hiu paus dari kedua jenis kelamin yang ditemukan, memiliki pertumbuhan tercepat saat remaja, sekitar 8-12 inci (20-30 cm) setiap tahun.

“Hiu paus sangat luar biasa karena betina memiliki banyak anak, hingga 300 anak sekaligus. Sangat besar, dengan muatan anak sebanyak itu di dalam tubuhnya,”kata Meekan, seperti dilansir dalam laman reuters.com.

Hiu ini dipastikan memiliki warna abu-abu kecoklatan di bagian punggung dan samping dengan bintik-bintik putih, dengan bagian tubuh bawah berwarna putih.

“Studi kami memberikan bukti pertama bahwa hiu paus jantan dan betina tumbuh pada tingkat yang berbeda,” kata Meekan.

Sebelum temuan ini, para peneliti harus mengandalkan perkiraan pertumbuhan dan usia yang diambil dari tulang belakang hiu mati yang terdampar di pantai atau terbunuh oleh kawanan ikan.

Saat itu sampel sangat terbatas dan tidak mencakup hewan dalam kisaran ukuran yang sangat luas, yang sekaligus membingungkan upaya untuk menghasilkan perkiraan pola pertumbuhan yang akurat.

“Mereka adalah pengumpan filter, berenang jauh melalui lautan tropis dunia untuk menemukan cukup plankton untuk menopang diri mereka sendiri. Studi kami memiliki implikasi penting bagi konservasi,” kata Meekan.

Tantangan lainnya bagi para peneliti adalah mereka membutuhkan waktu puluhan tahun agar hewan-hewan ini menjadi dewasa.

“Selain itu, ada banyak ancaman seperti perburuan dan pemogokan kapal yang mungkin mereka lepaskan sebelum mereka mendapatkan kesempatan untuk berkembang biak, membuat strategi konservasi untuk hewan-hewan ini sebagai tugas yang cukup mendesak dan menantang,” ujarnya.

 

Penulis: ER

Sumber: reuters

Facebook Comments