Gunakan Kapal Escolar-871, BI Sultra dan Lanal Kendari Lakukan Kas Keliling di Wilayah 3T

144
BI perwakilan Sultra bekerja sama dengan Lanal Kendari menggelar kas keliling di wilayah 3T
berikabar.id

Gunakan Kapal Escolar-871, BI Sultra dan Lanal Kendari Lakukan Kas Keliling di Wilayah 3T

Kendari, Berikabar.id – Gunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Escolar-871 Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) Kendari melakukan kas keliling kepulauanĀ ekspedisi rupiah berdaulat 2022.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Aryo Wibowo T Prasetyo mengatakan bahwa ekspedisi rupiah berdaulat btersebut dilakukan untuk menjaga kualitas uang rupiah yang beredar di wilayah terdepan, terluar dan terpencil atau 3T di Sultra. Hal ini juga sesuai dengan undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang, BI diberikan amanat dan kewenangan oleh negara untuk melakukan pengelolaan uang rupiah. Salah satu poinnya yakni pengedaran uang diseluruh wilayah Indonesia.

“Ekpedisi ini adalah salah satu amanah negara sesuai UU Nomor 7/2011, menjaga agar uang kita layak edar dan kebutuhan uang terpenuhi. Ada 10 orang dari BI Sultra yang akan berada dikapal kas keliling ini,” terangnya, Senin (3/10/2022).

Lanjutnya giat tersebut akan digelar sejak tanggal 3 hingga 7 Oktober 2022 mendatang. Dalam ekspedisi kali ini, BI perwakilan Sultra menyiapkan uang layak edar sekitar Rp8 Miliar.

Tak hanya melayani penukaran uang, BI juga menyosialisasikan gerakan cinta, bangga dan paham (CBP) rupiah kepada masyarakat. Sebab, masih banyak masyarakat yang tidak merawat uang dengan baik.

“Karena saat ini banyak yang belum menjaga uang baik, buktinya banyak uang tak layak edar, di Sultra sendiri BI memusnahkan uany rupiah tak layak edar sebanyak Rp7 Miliar dalam seminggu,” ujar Aryo.

Komandan Lanal Kendari Letkol Laut (P), Abdul Kadir Mulku Zahari menuturkan bahwa pihaknya siap mendukung apa yang dilakukan BI perwakilan Sultra tersebut.

“Sesuai amanat UU Nomor 34 Pasal 7 yaitu operasi militer selain perang. Ini adalah bentuk dukungan kami. Kerja sama ini berlangsung sejak 2011. Namun di Sultra baru pertama kali,” katanya.

Ia berharap, program ini terus berlanjut agar semua pulau 3T di Sultra dapat terjangkau.

Harlina

Facebook Comments