Dukung Vaksinasi untuk Nelayan, Pemerintah Terus Berikan Bantuan

247
Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Muhammad Zaini Hanafi, saat memaparkan sejumlah bantuan pemerintah untuk terus membantu nelayan di masa pandemi
berikabar.id

Jakarta, Berikabar.id – Pemerintah saat ini masih gencar melakukan vaksinasi bagi seluruh penduduk di masa pandemi. Salah satu yang menjadi bagi penting dari vaksinasi yakni nelayan yang mobilitasnya juga cukup tinggi.

Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Muhammad Zaini Hanafi, mengatakan bahwa di masa pandemi ini, pemerintah juga terus berupaya untuk memberikan bantuan kepada nelayan guna memenuhi kebutuhannya di masa pandemi. Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi agar para nelayan ini mau mengikuti program vaksinasi dari pemerintah.

“Kita upayakan, agar vaksinasi ini juga menyetuh ke seluruh lapisan masyarakat. Untuk nelayan sendiri kita juga berikan bantuan sebagai stimulus mereka mau divaksin,” katanya melalui dialog daring KPCPEN, Kamis (30/9/2021).

Dikatakannya bantuan berupa sembako merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong agar semua nelayan mau mengikuti vaksinasi. “Vaksinasi di beberapa pelabuhan dan daerah pesisir itu berhasil dilakukan, setelah divaksin kita berikan bantuan berupa sembako,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan dan terus memberdayakan nelayan di mana saat pandemi ini, mereka pasti sangat merasakan dampaknya. “Untuk bantuan kepada nelayan kita juga terus lakukan, contonya peningkatan usaha nelayan melalui kelembagaan jadi kita imbau semua harus memiliki lembaga atau semacam koperasi sehingga mereka bisa mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Ditambahkannya, di masa pandemi ini, waktu untuk melaut juga pasti lebih berkurang dibandingkan sebelumnya, sehingga bagi keluarga nelayan baik itu istri dan anak dibekali dengan keterampilan sehingga bisa menutupi untuk kebutuhannya saat tidak melaut.

Sitti Harlina

Facebook Comments