Dukung Kelistrikan di Sultra, PLN Operasikan Gardu Induk Puuwatu Extansion

732
Doc. Humas PLN
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Guna mendukung kelistrikan di Sulawesi Tenggara (Sultra) PLN mengoperasikan Inter Bus Trafo IBT 150/70kV Gardu induk (GI) Puuwatu Extansion (EXT) 2 sebesar 31,5 Mega Volt Amper (MVA). Pengoperasian tersebut ditandai dengan pemberian tegangan pertama atau energize pada 27 November 2020, pukul 15.24 WITa.

“Puji syukur, dengan beroperasinya IBT 150/70 kV Puuwatu (Ext) 2 meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sultra khususnya Kota Kendari.  Investor dan penggiat industri semakin tenang dan nyaman dalam menjalankan bisnisnya,” kata General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Selatan, I Putu Riasa.

Dijelaskannya IBT tersebut berfungsi menyatukan dua jaringan transmisi line 70kV di Sultra dengan 150kV interkoneksi Sulsel – Sultra, dimana IBT pertama telah berhasil dioperasikan pada tanggal 31 Desember 2019 lalu. Bertambahnya IBT ini maka kapasitas penghubung antara 70kV dangan 150kV menjadi 2 X 31,5 MVA, sehingga keandalan sistem kelistrikan di Sultra semakin meningkat.

Ia berharap dengan meningkatnya keandalan sistem kelistrikan di Sultra dapat menjadi daya tarik investor untuk berbisnis di Kota Kendari.

“Mudah-mudahan dengan upaya yang kita lakukan ini membuat investor tidak ragu untuk berinvestasi sehingga perekonomian di Sultra lebih meningkat,” harapnya.

Sitti Harlina

Facebook Comments