Dorong Transaksi Non Tunai, BI Sultra Terus Edukasi Masyarakat Pakai QRIS

250
BI Sultra terus dorong transaksi non tunai, salah satunya dengan dukungan yang diberikan pada Festival Kuliner Kendari
berikabar.id

BI Sultra terus mendorong masyarakat agar selalu menggunakan transaksi non tunai, salah satunya dengan menggunakan QRIS.

Selain melakukan sosialisasi, BI Sultra memberikan dukungan salah satunya dukungan yang dilakukan pada Festival Kuliner Kendari yang berlangsung di pelataran Ex.MTQ, Minggu (24/4/2022).

Asisten Manager Unit Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran BI Sultra, Perdana Wahyu mengatakan pihaknya terus mendorong agar masyarakat terbiasa menggunakan transaksi non tunai. Pihaknya juga memberikan dukungan bagi pelaku UMKM dengan memberikan subsidi kupon bagi pengunjung.

“Kami siapkan sebanyak 1.000 kupon yang dibagikan secara gratis kepada pengunjung, satu kupon sebilah 5.000 rupiah dan setiap pengunjung bisa mendapatkan lima kupon,” katanya.

Dijelaskannya ketika hendak bertransaksi, pengunjung yang memiliki kupon, cukup melakukan transaksi non tunai dengan QRIS melalui handphone miliknya sebesar satu rupiah. Bagi yang tidak memiliki mobile banking, pihaknya juga menggandeng salah satu bank untuk bisa dibantu.

“Hari ini kami juga menggandeng Bank Mandiri untuk membantu masyarakat yang ingin mengaktifkan mobile banking mandiri di HPnya,” ujarnya.

Ia berharap dengan dukungan tersebut, maka warga kedepannya bisa lebih aktif lagi melakukan transaksi non tunai, apalagi pasca   pandemi, warga diharapkan semakin tidak asing lagi dengan transaksi non tunai.

Sementara itu, Ketua Komunitas Kuliner Kendari (Tripelka), Muhammad Yusri mengapresiasi atas dukungan yang diberikan BI Sultra terhadap pelaku UMKM.

“Kami mengapresiasi komitmen BI dalam mendukung perkembangan pelaku UMKM dan setelah ini kedepannya akan menjadi peran kami juga di Tripelka dan UMKM lainnya agar bagaimana menerapkan transaksi non tunai di outlet-outlet kami sehingga pembeli juga bisa terbiasa menggunakan transaksi non tunai,” katanya.

Harlina

Facebook Comments