Ditinggal ke Rumah Kerabat, Rumah Milik Petani di Kolut Ludes Terbakar

314
berikabar.id

Kolut –Satu unit rumah milik warga Desa Tambuha, Kecamatan Watunohi, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), ludes terbakar. Peristiwa naas ini terjadi saat penghuni rumah, Oppu Sikki, (65) berada di rumah kerabatnya. Diketahui, pemicu kebakaran berasal dari kompor yang lupa dimatikan saat keluar rumah.

“Sekitar jam 17.30 WITa telah terjadi kebakaran rumah milik Andi Hatira alias Opu Sikki (65) seorang petani,” kata Kasubbag Humas Polres Kolut, AIPDA Heri Hermawan, Senin (21/9/2020).

Kobaran api, kata Heri, tak hanya menghanguskan rumah milik Opu Sikki, namun ikut menjalar hingga ke rumah tetangganya, Abdul Hafid (59).

Beruntung, api hanya menghanguskan bagian jendela dan plafon rumah milik Abdul Hafid. Sedangkan Oppu Sikki sendiri sudah tidak dapat menyelamatkan rumahnya.

“Awalnya pemilik rumah pertama yang terbakar, sedang memasak di dapur menggunakan kompor gas. Selang berapa menit kemudian, korban pergi ke rumah kerabatnya tanpa mematikan terlebih dahulu Kompor tersebut dan meninggalkan adik kandungnya di dalam rumah yang sedang terbaring sakit Stroke di dalam kamarnya,” jelasnya.

“Selang berapa menit kemudian Abd Hafid (saudara korban), mendengar tabung meledak dan melihat api sudah membesar di bagian dapur dan ruang tengah sehingga berteriak meminta tolong kepada tetangganya bahwa ada kebakaran,” sambungnya.

Beruntung, api berhasil dipadamkan berkat bantuan 2 unit Pemadam Kebakaran Pos 2 Lapai, Damkar Lasusua, dan bantuan warga setempat.

“Penyebab terjadinya kebakaran rumah tersebut diduga sementara diakibatkan kelalaian Opu Sikki yang memasak dengan menggunakan kompor gas dan meninggalkannya. Saat ini masih dalam lidik lanjut Pers Polsek Ngapai, untuk kemudian ditindaklanjuti dengan olah TKP,” pungkasnya.

 

Penulis: Lifya

Facebook Comments