Deklarator Mekar Jaya Apresiasi Perkembangan Muna Barat

420
Salah seorang deklarator Mekar Jaya, Laode Rahmat Apiti
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Muna Barat sebagai salah daerah otonomi baru kini terus berkembang. Deklarator Mekar Jaya, Laode Rahmat Apiti mengatakan bahwa meskipun baru mekar selama delapan tahun namun masyarakat sudah bisa merasakan manfaatnya.

“Pemekaran wilayah harus bermanfaat bagi kemaslahatan umat, walau baru berusia delapan tahun namun mubar terus menggenjot pembangunan agar setara dengan daerah lain. Pembangunan infrastrukur sudah merata dan sudah minim fasiltas jalan dan jembatan yang rusak,” katanya kepada Berikabar.id, Minggu (24/7/2022).

Dikatakannya, denga berbagai perkembangan yang saat ini terjadi di Mubar, Rahmat mengaku senang. “Titik puncak bahagianya itu ketika melihat Mubar bermanfaat bagi banyak orang,” katanya.

Ia pun kembali mengingat fase awal perjuangan pemekaran pada tahun 2003-2006 yang diawali dengan deklarasi Mekar Jaya pada tanggal 18 Juli 2004 (dokumen pemda mubar selayang pandang sejarah mubar). “Perjuangan tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda, seperti, Uking Jassa, Nurdin OlO (almarhum), Kadir Subaera, Ali Sujono (almarhum), Nyoman Gelgel, serta kaum muda labadi, Laode Halim Halami serta teman teman lain,” kenangnya.

Diakuinya dalam pemekaran tersebut banyak pihak yang terlibat dan berkorban untuk daerah tersebut. “Ada banyak tantangan yang dilalui baik itu masalah teknis maupun rintangan politik lokal dan nasional tapi alhamdulilah teman-teman yang berjuang sampai mekar tidak pernah putus asa,” tukasnya.

“Mekarnya Mubar berkat dukungan seluruh masyarakat Muna Barat serta pemerintah Kabupaten Muna, DPRD Muna (kab induk) dan pemerintah provinsi serta pemerintah pusat,” sambungnya.

Harlina

Facebook Comments