Dapat Dukungan dari BI Sultra, Kopi Tolaki Dapat Tawaran Ratusan Ton ke Turki

37
Pendiri Kopi Tolaki, Asri Shappe sedang memperlihatkan berbagai pilihan rasa kopi yang diproduksinya
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)Doni Septadijaya mengatakan bahwa Kopi Tolaki digadang-gadang sebagai produk lokal bernilai export. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan kepada Kopi Tolaki agar bisa segera melakukan Export.

Pendiri Kopi Tolaki, Asri Shappe menuturkan bahwa saat ini pihaknya mendapatkan tawaran dari Negara Turki untuk segera melakukan Export dengan permintaan hingga ratusan ton.

“Sebenarnya saat ini sudah ada permintaan dari Turki sebanyak 100 ton tiap bulannya, tapi kita belum bisa menyanggupi,” katanya, Jumat (22/7/2022).

Menurutnya, saat ini ia bisa melakukan panen sekitar tiga sampai empat ton biji kopi dalam kurun waktu satu tahun. Sehingga dalam waktu dekat ia belum bisa memenuhi permintaan Negara Turki. Namun, pihaknya juga sudah melakukan penanaman seluas 1.700 hektare di sejumlah wilayah, sehingga kedepannya bisa menjawab tantangan tersebut.

“Kan kita tanam di Konsel, Koltim dan Bombana keseluruhan ada 1700 hektare, mungkin sekitar tahun 2023 akhir, kita sudah bisa melakukan Export dengan permintaan 100 ton tiap bulannya,” katanya.

Asri juga mengatakan bahwa selain Turki, sampe Kopi Tolaki juga sudah dikirim ke beberapa negara antara lain, Beijing, Uzbekistan dan Korea.

Lanjutnya, apa yang dirasakan saat ini tidak lepas dari peran dan dukungan yang diberikan BI Sultra untuk terus mendorong UMKM di Sultra.

“Kami ada diberikan mesin roasting dari BI, didatangkan juga ahli roasting sehingga kami bisa belajar lebih baik lagi,” pungkasnya.

Harlina

Facebook Comments