Cara Tukar Uang Baru Melalui Aplikasi Online BI PINTAR

517
Istimewa
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Selama bulan Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri banyak masyarakat yang membutuhkan uang pecahan kecil untuk digunakan sebagai kebutuhan dan juga persiapan THR.

Untuk memberikan layanan prima, Bank Indonesia menyediakan layanan kas berbasis digital menggunakan aplikasi BI-PINTAR.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra, Aryo Wibowo T Prasetyo menjelaskan bahwa masyarakat dapat mengakses BI-PINTAR melalui link https://pintar.bi.go.id untuk melakukan pendaftaran penukaran, jumlah uang dan pecahan yang akan ditukar serta informasi jadwal layanan kas Bank Indonesia.

Berikut cara menukarkan uang baru melalui aplikasi BI-PINTAR:
1 . Masyarakat harus mendaftar melalui aplikasi PINTAR BI di https://pintar.bi.go.id sebelum mendatangi lokasi mobil kas keliling BI.
2. Ketika masuk ke aplikasi PINTAR, silahkan pilih provinsi lokasi mobil kas keliling BI dengan klik ‘Lihat Lokasi’.
3. Kemudian akan tampil lokasi mobil kas kelilling BI yang dapat dipilih dalam bentuk tabel.
4. Klik ‘Pilih’ pada lokasi mobil kas keliling BI yang diinginkan.
5. Lalu, isi lengkap data pemesanan yaitu nomor induk kependudukan (NIK) pada kartu tanda penduduk (KTP), nama, nomor telepon, dan alamat email.
6. Isi jumlah lembar uang rupiah yang ingin ditukarkan (apabila terdapat pecahan yang tidak dipilih, biarkan bernilai nol).
7. Jika kolom jumlah lembar yang akan ditukarkan selesai diisi, selanjutnya akan tampil resume bukti pemesanan dan akan dikirimkan ke alamat email pemesan yang telah dicantumkan sebelumnya.
Scanned with CamScanner
B BANK INDONESIA
8. Resume tersebut dapat diunduh dalam format PDF dengan klik ‘Download Bukti Pemesanan’.

“Sebagai catatan, pemesanan lewat PINTAR BI dapat dilakukan mulai H-7 sebelum tanggal pelaksanaan penukaran di mobil kas keliling BI dan dapat dilakukan selama kuota harian penukaran tersedia,” ujarnya.

Ditambahkannya, Bank Indonesia juga bersinergi dengan perbankan di wilayah Sulawesi Tenggara untuk melayani penukaran uang di 96 loket kantor bank, sehingga masyarakat dapat melakukan penukaran uang di loket perbankan yang dekat dengan domisilinya tanpa harus ke Kantor Bank Indonesia.

“Agar masyarakat tidak ragu, perbankan telah memasang spanduk layanan penukaran di depan kantor bank sehingga mudah dilihat oleh masyarakat. Masyarakat dapat mengetahui rincian Ĺ‚okasi bank tempat penukaran uang tunai baru dengan mengeceknya pada link berikut di
https://www.bi.go.id[ld/publikasi/ruang-media/news-release/Documents/sp 249622 Booklet-TitikPenukaran-Uang-Rupiah-oleh-Perbankan.pdf,” tutupnya.

Harlina

Facebook Comments