BI Sultra Edukasi CBP Rupiah Tingkat SD dan SMP se-Kota Kendari

127
Istimewa
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan edukasi Cinta, Bangga dan Paham (CBP) rupiah kepada kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta pengawas sekolah se-Kota Kendari. Kegiatan tersebut diikuti oleh 126 SD, 42 SMP dan 8 orang pengawas sekolah di Aula Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Sabtu (30/7/2022).

PlT Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, Sudirham mengatakan bahwa satuan pendidikan mulai dari SD dan SMP harus memberikan contoh yang baik dengan membiasakan CBP rupiah di lingkungan pendidikan.

“Lewat edukasi dari BI ini, para guru, kepsek dan pengawas sekolah dapat meneruskan pemahaman soal cinta bangga dan paham rupiah kepada anak-anak didik,” ujarnya.

Dikatakannya sebagai pendidikan, tentu saja untuk menumbuhkan kembangkan kebiasaan CBP bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan.

“Bisa lewat sosialisasi di tiap sekolah, misal pada saat apel pagi, ataupun membuat kegiatan atau lomba-lomba,” katanya.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Aryo Wibowo T. Prasetyo mengatakan, edukasi ini sebagai salah satu cara membangun dan memperluas ekosistem keuangan digital (EKD) di Sultra.

“Merekalah yang memberikan edukasi CBP rupiah kepada para murid atau anak didik masing-masing,” kata Aryo.

Ia mengatakan, dengan CBP rupiah maka masyarakat ikut menurunkan angka uang tak layak edar (uang lusuh, cacat, rusak dan uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran). “Ini yang kami ingingkan. Sebab, hingga saat ini, hampir tiap minggu rata-rata Rp7 miliar uang tak layak edar yang dimusnahkan,” tandasnya.

Selain melakukan edukasi CBP rupiah, BI Sultra juga mengenalkan cara transaksi non tunai dengan menggunakan QRIS.

Harlina

 

Facebook Comments