BI Sebut 83 Ribu UMKM di Sultra Gunakan QRIS

64
Kepala Perwakilan (KPw) BI Sultra, Doni Septadijaya
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Kepala Perwakilan (KPw) BI Sultra, Doni Septadijaya membeberkan sebanyak 83 ribu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sudah menggunakan QRIS sebagai sarana sistem pembayaran. Hal tersebut diungkapkan Doni saat menggelar media briefing dengan puluhan media di Kota Kendari terkait UMKM Sultra Expo 2022, Selasa (19/7/2022).

“Saat ini sudah ada lebih dari sekitar 83 ribu UMKM yang sudah menggunakan QRIS sebagai sarana sistem pembayaran mereka sehari-sehari,” bebernya.

Doni memastikan angka tersebut akan terus bertambah seiring dengan dilakukannya edukasi yang intens kepada masyarakat dan pelaku UMKM.

“Kedepannya agar bisa diakses seluas-luasnya oleh masyarakat maka kami mendorong perluasan QRIS ini bisa lebih luas lagi,” ujarnya.

Ia optimis bahwa QRIS kedepannya akan terus berkembang, mengingat sistem pembayaran ini lebih efisien. “Kalian tidak perlu bersentuhan dengan penjual tapi cukup hanya dengan menscanning dengan mobile gadget kalian, prosesnya juga cepat mudah dan aman,” tandasnya.

Selain itu, BI Sultra juga akan memberikan sosialisasi dan edukasi terkait penggunaan QRIS kepada kalangan mahasiswa dan pelajar. Hal ini dilakukan mengingat sistem pembayaran ini memerlukan kecakapan dalam teknologi sehingga sasarannya juga tepat. “Kami akan melakukan edukasi ke tingkat mahasiswa, tingkat SMA dan SMP dikarenakan penggunakan QRIS ini hal yang terkait dengan teknologi, anak-anak muda ini lebih mudah untuk mengerti teknologi,” pungkasnya.

Harlina

Facebook Comments