BI: Realisasi Kebutuhan Uang Tunai Jelang Lebaran Capai 1,25 Triliun

349
Istimewa
berikabar.id

Kendari, Berikabar.id – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan realisasi uang tunai yang beredar di masyarakat jelang lebarang. Deputi Kepala Perwakilan (KPw) BI Sultra, Aryo Wibowo T. Prasetyo mengatakan hingga 26 April, realisasi uang tunai yang beredar di masyarakat capai 1,25 Triliun.

“Realisasinya sampai 26 April data di kami 1,25 triliun namun Bank Indonesia sudah menyediakan dana untuk kebutuhan tunai sebesar 2 triliun,” terangnya, Rabu (27/4/2022).

Sebelumnya, kata Aryo, BI memprediksi kebutuhan uang tunai pada Ramadhan dan lebaran tahun ini sebesar 1,4 triliun, angka tersebut naik dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini target kita akan uang tunai sebesar 1,4 T, naik 7,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya yakni 1,3 T. Prediksi kebutuhan uang tunai di masyarakat naik karena disesuaikan dengan aktivitas masyarakat pasca pandemi yang sudah mulai membaik,” katanya.

Lanjutnya, kebutuhan uang tunai sebesar 2 triliun yang sudah disiapkan BI diperkirakan akan mencukupi kebutuhan masyarakat hingga lebaran.

Ia mengatakan untuk melayani kebutuhan masyarakat akan uang tunai, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan seluruh perbankan serta melakukan kas keliling baik di dalam dan luar kota.

Aryo memastikan pula bahwa kebutuhan uang di ATM akan selalu tersedia.

“Kebutuhan ATM saat libur panjang sudah kami sampaikan kepada perbankan agar memenuhi kebutuhan ATM-nya, secara tertulis lalu kami juga sudah menyampaikan imbauan,” pungkasnya.

Harlina

Facebook Comments