100 Persen Made In Wakatobi, Solusi WTCC Stimulus Sektor Industri Kreatif di Tengah Pandemi

363
berikabar.id

Wakatobi, berikabar.idWakatobi Tourism Crisis Center (WTCC), berupaya mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi covid-19. Upaya stimulus kebangkitan ekonomi direalisasikan lewat upaya penguatan program kemitraan dan pendampingan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya yang bergelut di sektor industri kreatif.

“Salah satu solusi yang ditawarkan oleh WTCC adalah program 100% Made In Wakatobi yang merupakan bentuk dukungan economic recovery atau pemulihan ekonomi dalam tahapan new normal kepariwisataan Wakatobi dengan tujuan meningkatkan nilai jual produk, meningkatkan minat orang untuk membeli produk dan memperluas jaringan penjualan produk,”ujar Ahmad Rifqi, salah satu anggota WTCC.

Rifqi menambahkan, langkah yang ditempuh WTCC menstimulus geliat sektor industri kreatif adalah dengan menjalin kemitraan, melakukan pendampingan bersama para pelaku usaha kreatif, kemudian membangun strategi promosi digital pada jaringan penjualan dan membantu pendampingan dalam pendirian badan hukum UMKM.

“Kami berharap, program ini didukung seluruh komponen yang ada di Kabupaten Wakatobi, karena ini merupakan potensi lokal yang harus didorong bersama-sama demi Wakatobi yang maju khususnya bidang Kepariwisataan,” katanya.

Pendaftaran program 100% Made In Wakatobi sendiri mulai dibuka sejak Juli hingga Agustus 2020. Aktivitas program yang ditargerkan melibatkan 550 Pelaku UMKM ini dimulai dari September hingg Desember 2020.

“Empat pulau yang tersebar di Wakatobi Wangi-Wangi, Kaledupa, Binongko dan pulau Tomia yang menjadi wilayah kerja kami di tahun pertama 2020 ini,” bebernya.

WTCC diketahui merupakan komunitas yang berdiri sejak Maret 2020. WTCC berada di area Bantea, Kelurahan Waha, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

WTCC merupakan sebuah platform dalam upaya mitigasi bencana krisis kepariwisataan yang menggunakan pemanfaatan teknologi digital dan analisa data base dalam pembangunan pariwisata.

WTCC siap membantu 550 pelaku usaha ekonomi kreatif seperti kuliner, fashion, kriya (kerajinan tangan) dan sebagainya.

100% Made In Wakatobi adalah salah satu program WTCC di masa pandemi virus Covid-19, masa dimana pelaku usaha industri kreatif dihantam krisis, mulai dari menurunnya omset (pendapatan), hingga terpaksa menutup usaha.

Penggiat UMKM diberikan akses untuk mendaftarkan usahanya secara online dengan link (bit.ly/belikreatifwakatobi), atau melalui nomor teleponĀ  +6282197928872. Informasi program juga dapat diakses di akun Medsos Facebook (Wakatobi Tourism Crisis Center), Instagram: @crisis.wakatobi, @wakatobi.original, twitter: @crisis.wakatobi.

Penulis: IGONG

Facebook Comments